Jumat, 01 Juni 2012

FLASH HP CHINA TANPA BOX ( SPIDERMAN CRA**D )



Senin, 26 Maret 2012

Berangkat dari pengalaman pribadi. Di masa belum memiliki box flasher untuk hp china. Yang dimiliki hanyalah box UFS3, MxKey dongle, serta SETool. Seperti yang pernah saya share sebelumnya, UFS3 dan Spiderman Cr***d , dan Direct Com bisa digunakan untuk flashing hp China. Baca postingan saya sebelumnya tentang Spiderman Cr***d DISINI.
Meskipun kemudian pada suatu hari UFS3 yang biasa saya gunakan mendadak can't boot UFS. Cek sana sini coba repair semua tool. Semua terhenti pada waktu penulisan firmware UFS3 di ATMEGA8. Proses erasenya selalu failed. Padahal ada sekitar 4 hp China yang perlu diflash saat itu. Mau beli box lagi, belum ada uang. Akhirnya memutar otak dan mencoba teori yang ada di benak saya.

Kesimpulan sbb :

1. Gunakan kabel usb yang menggunakan chip Profilic dan telah dimodifikasi sbb.
    Sebagai contoh kabel usb data untuk Nokia 1200,
   
Potong kira-kira 3cm dari ujung kabel yang dikoneksikan ke hp. Dengan tujuan anda dapat melihat warna      kabel yg ada. Untuk menentukan , TX, RX, dan GND.   
Untuk menentukannya lihat gambar dibawah ini,

jadi dari kabel yang saya potong tadi, saya mendapatkan kabel yang harus saya koneksikan ke hp China yang akan di flash ( TX , RX, GND )

2. Selanjutnya masukkan kabel tsb ke port USB komputer. Kemudian dilihat berada di port COM berapa . melalui Device Manager.

Pada contoh yang saya gunakan, ternyata berada pada port6. ( ini bisa berbeda-beda ). 


3. Kemudian buka Spiderman Crac**d , dan samakan port COMnya sesuai dengan port COM dimana kabel tadi berada ( dalam contoh port6 )


4. Selanjutnya kita coba klik  BOOT, untuk mengetahui kabelnya sesuai atau dapat lancar untuk digunakan flashing. Sebelumnya saya menggunakan kabel data Nokia 2116 tetapi selalu saja berhenti di tengah jalan pada waktu boot. Setelah ganti memakai kabel data Nokia 1200 langsung lancar.



5. Setelah kita BOOT semuanya berjalan normal. Berarti kita telah siap melakukan flashing.
Selanjutnya kita klik tonbol FLASH


6. Setelah semua proses berjalan seperti gambar di atas. Berarti proses flashing selesai.

Tidak ada komentar: